Sabtu, 26 September 2015

Sejarah Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Seiring bergulirnya perkembangan zaman berdasarkan keputusan Komite Nasional Indonsia (KNI) untuk Pulau Sumatera di Kota Bukitinggi (Sumbar) pada tahun 1946 tanggal 15 April 1946, maka pulau Sumatera di bagi menjadi 3 (tiga) Provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Tengah, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Sumatera Selatan, pada waktu itu Daerah Keresidenan Jambi terdiri dari Batanghari dan Sarolangun Bangko, tergabung dalam Provinsi sumatera Tengah yang dikukuhkan dengan undang - undang darurat Nomor 19 Tahun 1957, kemudian dengan terbitnya undang - undang Nomor 61 Tahun 1958 pada tanggal 6 januari 1958 Keresidenan Jambi menjadi Provinsi Tingkat I Jambi yang terdiri dari: Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun Bangko dan Kabupaten Kerinci.

Peta Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Pada tahun 1965 wilayah Kabupaten Batanghari dipecah menjadi 2 (dua) bagian yaitu: Kabupaten Dati II Batanghari dengan Ibukota Kenaliasam, Kabupaten Dati II Tanjung Jabung dengan Ibukotanya Kuala Tungkal. Kabupaten Dati II Tanjung Jabung diresmikan menjadi daerah kabupaten pada tanggal 10 Agustus 1965 yang dikukuhkan dengan Undang - Undang Nomor 7 Tahun 1965 (Lembaran Negara Nomor 50 Tahun 1965), yang terdiri dari Kecamatan Tungkal Ulu, Kecamatan Tungkal Ilir dan kecamatan Muara Sabak.

Setelah memasuki usianya yang ke-34 dan seiring dengan bergulirnya Era Desentralisasi daerah, dimana daerah di beri wewenang dan keleluasaan untuk mengurus rumah tangganya sendiri, maka kabupaten Tanjung Jabung sesuai dengan Undang-undang No.54 Tanggal 4 Oktober 1999 tentang pemekaran wilayah kabupaten dalam Provinsi Jambi telah memekarkan diri menjadi dua wilayah yaitu :

1. Kabupaten Tanjung Jabung Barat Sebagai Kabupaten Induk dengan Ibukota Kuala Tungkal
2. Kabupaten Tanjung Jabung Timur Sebagai Kabupaten hasil pemekaran dengan Ibukota Muara Sabak

Kabupaten yang beribukota di Kuala Tungkal ini memiliki masyarakat yang heterogen. Suku Banjar, Minang, Melayu, Jawa, Bugis dan berbagai etnis berbaur di kabupaten yang terkenal dengan julukan kota bersama ini. Dengan hasil pertanian dan perkebuanan yang cukup melimpah kabupaten ini terus berkembang. Kelapa, Sawit, Pinang, dan beraneka buah-buahan adalah sumber daya alam yang banyak terdapat di daerah ini. Juga kekayaan minyak bumi dan gas yang saat ini dikelola oleh perusahaan asing juga merupakan kekayaan asli dari daerah ini.

3 komentar:

  1. Titi Titanium Wallet - iTaniumArts
    Titi Titanium Wallet titanium mokume gane - Titi Titanium Wallet. titanium price per ounce Titi Titanium Wallet. Personalize your titanium body armor personal data. Titi Titanium Wallet is titanium white dominus price designed schick quattro titanium to be easy to use.

    BalasHapus
  2. This thrilling collection highlights a free video games feature that's triggered by six or more gold symbols. Capture a gold image in a red body and a 500x or 750x complete bet is awarded. At the top of the bonus, any place with a green, silver or red body is changed with a firecracker image, providing the opportunity to obtain as much as} a 7,500x bet multiplier with 1xbet a triple firecracker image.

    BalasHapus
  3. Start your RFPBrowse our Buyers Guide search out|to search out} suppliers of all kinds of meeting technology, machines and methods, service providers and trade organizations. TE Connectivity, for example, recently designed and 3D printed a prototype mounting holder for its D369 connectors on the request of an aerospace manufacturer. The holder accurately and securely mates connectors that are be} mounted inside plane enclosures. Ethan Fish, product designer at HT, says Fast Radius offered more than 3,000 sections for the first run, in just six weeks. Each printed section measures practically 13 inches lengthy, with the ultimate meeting coming out at practically forty six inches lengthy. Adjustable Open Toe Slippers Some switches that CSI makes use of in its harnesses are printed by a 3rd party and despatched again.

    BalasHapus